Rabu, 13 April 2011


PENGENLAN GREENFOOT

                Dalam bab ini kita akan berkenalan dengan greenfoot, tetapi  sebelumnya ada bebebrapa catatan mengenai cara penulisan penulisan yang digunakan.baik bab ini maupun bab selanjutnya,catatan yang  dimaksud dapat disarikan sebagai berikut :
1.     Huruf tebal (bold) secara umum digunakan untuk menandakan bahwa istilah istilah yang dimaksud mempunyai makna yang penting. Termasuk didalamnya termasuk nama kelas,metode dan variabel, konstanta.
2.     Huruf miring (italic) digunakan menandai istilah yang relatif masih asing. Jika istilah di gunakan masih sering, maka huruf miring digunakan setidaknya ketika istilah tersebut pertama kali di gunakan
3.     Tand petik ganda ataupun tunggal (“”,’’) digunakan untuk arti konotasi ataupu padanan dalam konteks hubungan dunian nyata dan dunian program, trutama menyangkut OOP. Tanda petik juga digunakan unttuk menunjuk pada item menu pulihan , nama tombol atau pernyataan program.
4.     Untuk memudahkan, metode ditulis tanpa mencantumkan parameter tetapi masih menggunakna tanda kurung buka dan tutup sebagai pembeda dengan penulisan variabel. Sebagai contoh setLocation(),act().

Greenfoot dibuat oleh poul henriksen dan michael keoling dari unuversity of kent (inggris).ia merupak perangkat lunak yaitu javayang diranang untuk memudahkan pemula mendalami pemograman berorentasi objek (OOP). Greenfoot memiliki lisensi bebas , dengan pembatasan redistribusi hanya untuk kepentingan non komersial.
Pada dasarnya greenfoot dapat dipandang sebagai kombinasi dari :
1.     Sebuah fremework  untuk membuat skema  program java yang divisualisasikan dalam bentuk dua dimensi.
2.     Sebuah IDE (Integereted Devloment Environment) termasuk browser kelas. Edir program , compiler antar muka unuk eksekusi dll.
            Walaupun mendukung bahasa java seutuhnya, greenfoot akan sangat berguna apabila digunakan untuk latihan pemograman  yang mempunyai elemen visual. Visualisasi dan orientasi objeck merupakan elemen – elemen kunci ,sekaligus keunggulan yang ditawarkan greenfoot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar