Jumat, 09 Maret 2012

Algoritma & Pemrograman



Ketika kita berolahraga hal yang pertama kita lakukan yaitu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sama halnya kita memahami sebuah materi baru misalnya materi tentang pemrograman. Kita harus tau dasar dari materi pemrograman.
Jadi sebelum masuk ke dalam materi pemrograman kita harus memahami selukbeluk materi dasar dari pemrograman dengan mengetahui definisi dan lain-lain.
Apa itu Pemrograman?
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika. (sumber: Wikipedia)
Sehingga dapat di simpulkan bahwa Pemrograman yaitu aktivitas membuat program, yaitu menyusun sejumlah perintah yang dikenal komputer. Ada juga yang di sebut dengan Pemrograman Terstruktur yaitu aktivitas membuat program yang mengikuti aturan tertentu/secara sistematis.
Sedangkan pengertian Pemrograman menurut para ahli sebagai berikut:
  • Corrado Bohm & Guiseppe Jacopini (1964 Structure Theorem) proved that any program logic, regardless of the complexity, can be expressed using the control structures of sequencing, selection, and iteration.
  • A way of programming that uses only three basic patterns of logic (Simple sequence control structure, IF-THEN-ELSE control structure, and DO-WHILE control structure), referred to as control structures
  • Deitel : a disciplined approach to writing a programs that are clearer than unstructured programs, easier to test and debug and easier to modify
Dalam membuat program kita harus bisa memahami konsep pemrograman terstruktur. Maka untuk memudahkan kita dalam pembuatan program, kita harus memahami yang namanya Algoritma.

Apa itu Algoritma?
Algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.
(Sumber Wikipedia)

Bahasa Pemrograman
Banyak sekali bahasa pemrograman yang dipakai dalam dunia perkomputeran. Entah Java, C/C++, Pascal, dan lain-lain. Di dalam blog ini saya akan mencoba untuk menerangkan materi dan memecahkan beberapa kasus dengan algoritma dan pemrograman menggunakan bahasa C/C++.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar