Rabu, 23 Maret 2011

Variabel dan Konstanta


Variabel adalah nama untuk sebuah lokasi penyimpanan (memory). Variabel harus dideklarasikan dengan menyebutkan nama dan tipe dari informasi yang akan disimpan. Selain itu pada saat dideklarasi sebuah variabel dapat diinisiasi dengan diberikan nilai awal.
Contoh :

Int  jumlah, count;
Int  awal  = 32, maksimum  = 150 ;

Konstata merupakan pengenal  yang serupa dengan  variabel. Kecuali bahwa ia menyimpan nilai yang sama dan tidak berubah selam program berjalan. Compiler  akan memberikan pesan kesalahan bila kita mencoba mengubah nilai sebuah konstanta. Dalam java, sebuah konstata dibentuk dengan menggunakan kata kunci final .
Contoh :

Final int  MIN_HEIGHT  = 70;

     Konstata berguna setidaknya untuk  3  alasan .
           1. Adalah untuk memberikan arti . dalam contoh diatas , istilah MIN_HEIGHT mempunyai arti yang lebih dibandingkan menggunakan literal 70 .
           2. Adalah untuk memfasilitasi dan mempermudah penulisan dan pemeliharaan program . jika sebuah konstata digunakan di banyak  tempat. Nilainay bisa diubah hanya disatu tempat saja. 
           3. Adalah untuk membentuk sebuah  “nilai” yang tidak tidak berubah sehingga menghindari kesalahan yang bisa terjadi , terutama bagi pihak atau programer laen yang memanfaatkan progaram kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar